Kamis, 12 Juni 2008

Kuba tinggalkan gaji sama rata

International News. Dikutip dari BBC Indonesia
Mata uang peso Kuba
Gaji rata-rata di Kuba adalah $20 (Rp186.000) per bulan
Pemerintah Kuba akan menghapus sistem persamaan gaji bagi semua pegawai dan akan membolehkan pegawai serta manajer perusahaan untuk mendapat bonus berdasarkan prestasi mereka, kata seorang pejabat senior.

Wakil Menteri Perburuhan Carlos Mateu mengatakan sistem saat ini - yang diterapkan sejak revolusi komunis pada tahun 1959 - tidak lagi "menguntungkan".

Dia mengatakan perbedaan jumlah gaji akan memperbaiki standar produksi dan jasa.

Presiden Raul Castro memberlakukan serangkaian reformasi sejak mengambilalih pimpinan dari kakaknya yang sakit, Fidel, pada bulan Februari.

Dalam tulisannya yang dimuat di koran partai komunis, Granma, Mateu mengatakan para pekerja akan mendapat bonus minimal 5% jika mencapai target.

Para manajer bisa mendapat bonus 30% jika tim pimpinannya bisa menaikkan produksi, katanya.

Paham Marxis ditantang

Menteri itu mengatakan sistem gaji yang berlaku saat ini tidak memberi dorongan bagi pegawai untuk berprestasi karena semua orang mendapat gaji yang sama, tanpa memandang kinerja mereka.

Raul Castro
Raul Castro secara bertahap memberlakukan serangkaian reformasi sosial

Namun dampak perubahan ini pada kemampuan belanja rakyat akan terbatas, kata wartawan BBC Michael Voss di Havana.

Gaji rata-rata di Kuba bagi semua orang - mulai dari dokter hingga buruk pertanian - adalah sekitar $20 (Rp186.000) per bulan.

Sampai sejauh ini, sebagian besar reformasi yang diumumkan pemerintah Kuba sejak Raul Castro berkuasa terkait dengan pencabutan sejumlah larangan seperti terhadap telepon genggam dan komputer.

Perubahan terbaru ini merupakan tantangan lebih besar terhadap paham ekonomi Marxis, kata wartawan BBC.

Tidak ada komentar: